MY SPIRIT

Saya dan Anda hanya satu kita sama-sama Manusia kita sema-sama butuh iLMu dan BerBagi Setiap waKtu kita pasti dapat Ilmu walaupun ILmu tak di cari . . .

Iklan Serba-Serbi

Translator :

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Is My

Tuesday, September 7, 2010

WedaNg Alang-Alang Kudus

 wEDANG aLANG-aLANG kUDUS


Hampir semua orang tahu alang-alang. Alang-alang atau ilalang  (Imperata cylindrica) adalah sejenis rumput berdaun tajam yang merupakan gulma (tumbuhan pengganggu) para petani ternyata mempunyai manfaat di bidang kesehatan. Diantaranya yaitu sebagai pelembut kulit; peluruh air seni, pembersih darah, penambah nafsu makan, penghenti perdarahan dan lain-lainnya.
Di kudus rumput ini juga dijadikan bahan sebuah minuman, wedang alang-alang namanya. Salah satu warung yang menjual wedang alan-alang di kudus yaitu terletak Jalan MH Basuno no 18a yang dimiliki pak herman selalu ramai di kunjungi pengunjung. Warung wedang alang-alang milik pak herman ini ternyata sudah mulai berjualan dari tahun 1995. Resep yang merupakan warisan peninggalan kakeknya ini kini di teruskankan olehnya. 
Menurut pak herman, warung ini tidak pernah sepi pembeli. Penggemarnya juga terdiri dari semua golongan masyarakat.  
Warung wedag alang-alang ini dibuka mulai pukul 06:00 sore sampe pukul 24:00 malam. Harga satu gelas wedang alang-alang hanya 2 ribu rupiah. Rata rata pembeli wedang ini juga sudah mengetahui tentang khasiat dari alang-alang.   
Menurutnya pembuatan wedang alang-alang juga tidak sulit. Bahan utama dari wedang alang-alang yang di sajikan di warung milik pak herman ini yaitu terdiri dari akar alang alang, akar jambe, gula batu, daun sere dan daun pandan. 
Menikmati wedang alang-alang di warung pinggir jalan milik pak herman sambil melahap aneka gorengan dan juga nasi bungkus di malam hari terasa hangat dan nikmat. 
Bagi kalian masyarakat kudus dan sekitarnya yang belum merasakan nikmatnya wedang alang-alang di kudus, tidak ada salahnya untuk mecoba minum di warung ini. Dan kalian akan mendapat banyak manfaat dari akar alang-alang. Source : Kudusterkini.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails